TPID dan P3MD Kecamatan Ngawen Gelar Bursa Inovasi Desa

Foto: Gatot Aribowo

Deklarasi desa-desa di Ngawen dalam pemanfaatan bursa inovasi desa untuk diadopsi dan direplikasi desa-desa se-Kecamatan Ngawen, Senin (22/7/2019).

Senin, 22 Juli 2019 19:41 WIB

BLORA (wartablora.com)—Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Pendampingan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Ngawen menggelar bursa inovasi desa (BID) di Pendopo Kecamatan Ngawen, Senin (22/7/2019). Bursa yang berlangsung sehari ini menjadi ajang pertukaran informasi mengenai inovasi-inovasi pembangunan yang telah dilakukan desa-desa di seluruh Indonesia.

"Ada 3 bidang inovasi pembangunan yang kita sediakan dalam ajang bursa ini, dengan tujuan dapat direplikasi desa-desa yang ada di Kecamatan Ngawen," kata Ahmad Solikin, Pendamping Desa di Kecamatan Ngawen.

Tiga bidang yang disediakan dalam bursa tersebut antara lain: bidang pembangunan sumber daya manusia, bidang pembangunan perekonomian dan pengembangan kewirausahaan di desa, serta bidang pembangunan infrastruktur.

"Perlu kami tekankan bahwa BID merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan. Bisa menjadi ajang pertukaran solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa," jelasnya sambil berharap calon-calon kepala desa yang akan memimpin desanya masing-masing dalam periode 6 tahun mendatang dapat mengambil manfaat dari adanya bursa ini.

Bursa ini, kata Solikin, diselenggerakan bertepatan dengan agenda pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Blora.

"Bersamaan ini ada 24 desa di Kecamatan Ngawen yang akan menyelenggarakan suksesi pemilihan Kepala Desa. Untuk itu TPID dan P3MD Kecamatan Ngawen mencoba menawarkan agenda BID sebagai pintu masuk untuk mendorong desa-desa agar lebih inovatif," imbuhnya seraya menambahkan jika tujuan diadakannya bursa tersebut salah satunya juga sebagai komitmen TPID dan P3MD Kecamatan Ngawen dalam mengawal penggunaan dana desa yang cukup besar dari pemerintah pusat.

Dalam ajang bursa yang dihadiri semua desa yang ada di Kecamatan Ngawen, dideklarasikan pula bahwa desa-desa di Kecamatan Ngawen akan mengadopsi inovasi-inovasi yang disajikan dalam ajang bursa tersebut. Deklarasi ditanda-tangani Ketua BPD masing-masing desa, Ketua Panitia Pilkades masing-masing desa, serta tokoh-tokoh masyarakat dari masing-masing desa. (*)