Kominfo Apresiasi Webdesa Dengan Catatan

Foto: wartablora.com

Sugiyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Blora.

Selasa, 04 April 2017 13:58 WIB

BLORA (wartablora.com)—Adanya kecamatan yang telah mendorong desa-desanya untuk memiliki website desa diapresiasi dengan baik oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Blora Sugiyono. Namun mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Blora ini juga memberikan catatan-catatannya.

"Kami mengapresiasi. Itu cukup bagus. Tapi kami juga memberikan catatan. Antara lain perlu adanya koordinasi dengan OPD terkait, dalam hal ini kami di Kominfo," katanya.

Menurut Sugiyono koordinasi ini penting. Selain pihaknya bisa memberikan rambu-rambu, juga website-website desa bisa diintegrasikan dengan website Pemkab.

"Ada rambu-rambu untuk website resmi pemerintahan, kendati itu pemerintahan desa. Tidak asal seperti website-website komersial. Salah satunya adalah penggunaan domain. Domain pemerintah, baik itu dinas-dinas maupun pemerintahan desa syaratnya adalah menggunakan go dot id atau desa dot id," ujarnya.

Sebelumnya, di Kecamatan Japah sejumlah 18 desa meluncurkan webiste desa. Website-website tersebut menggunakan domain dot com.

"Sebenarnya saya ingin domain-domain itu menginduk di domainnya Pemkab. Jadi misalkan desa, namanya bisa dengan nama desanya dot blorakab dot go dot id. Karena itu koordinasi dengan kami itu penting. Kami tidak memrpersoalkan kerja sama dengan pihak manapun, tapi yang penting integrasinya untuk sistem informasi yang jadi satu," paparnya.

Sementara Ketua Relawan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Blora Gatot Aribowo mengatakan, untuk pendaftaran domain-domain resmi pemerintah bisa dilihat di alamat website http://domain.go.id. Di sana ada persyaratan-persyaratan untuk mendaftar domain resmi pemerintah, termasuk domain desa dot id. Salah satu syaratnya untuk bisa mendapatkan domain desa dot id adalah dengan memiliki email PNS. (*)