Pengisian perangkat desa

Dua perguruan tinggi resmi selenggarakan CAT di Kabupaten Blora

Foto: Humas dan Protokol Kab. Blora

Penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan tes terulis berbasis komputer dalam penjaringan perangkat desa di Kabupaten Blora, disaksikan Bupati Blora Arief Rohman dan jajaran petinggi Kabupaten Blora.

Senin, 17 Januari 2022 17:51 WIB

BLORA (wartablora.com)—Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan dan Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Semarang resmi menjadi penyelenggara tes tertulis berbasis komputer (CAT, computer assised test) untuk penjaringan perangkat desa di 193 desa yang ada di Kabupaten Blora. Penandatanganan kontrak kerja sama antara panitia-panitia pengisian perangkat desa di 193 desa dengan 2 perguruan tinggi tersebut secara simbolis dilakukan di pendapa rumah dinas Bupati Blora, Senin, 17 Januari 2022. Disaksikan Bupati Blora Arief Rohman dan wakilnya, Tri Yuli Setyowati, penandatanganan dilakukan beberapa desa sebagai acara simbolis, dilanjutkan penandatanganan ratusan desa usai acara simbolis diakhiri.

Dwi Edy Setyawan, Kepala bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Blora mengatakan, sejumlah 130 desa dipastikan akan mengikuti CAT yang diselenggarakan IAIN Pekalongan. Dalam perjanjian kontrak disebutkan, ujian tertulis berbasis komputer ini akan diadakan pada akhir pekan ini, Kamis hingga Minggu, 20-23 Januari 2022. Pelaksanaannya akan digelar di laboratorium komputer Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

"Yang bisa kami pastikan saat ini adalah 130 desa akan ikut CAT yang diselenggarakan IAIN Pekalongan. Sementara 63 desa lainnya belum bisa kami pastikan, apakah semuanya akan ikut CAT yang diselenggarakan Untag Semarang atau tidak," katanya usai acara simbolis pendatanganan perjanjian kerja sama.

Mulanya 63 desa tersebut akan ikut CAT yang diselenggarakan Universitas Muria Kudus (UMK). Namun universitas ini menarik diri, mundur dari sebagai penyelenggara. Alasannya disebutkan Dwi disebabkan adanya kesibukan yang mendadak.

"Dari 63 desa tersebut kebanyakan ingin universitas yang sama-sama ada di Jawa Tengah," katanya.

Untag Semarang merupakan satu dari 4 universitas yang ikut presentasi pada hari kedua, memenuhi undangan dari Pemkab Blora. Tiga lainnya, dari Yogyakarta dan Malang, Jawa Timur.

"Ujiannya juga di luar kota, sama-sama di Semarang," ujar Dwi merujuk sama-samanya dengan tempat diselenggarakannya CAT oleh IAIN Pekalongan.

Dalam ujian tertulis berbasis komputer nanti, terdapat 5 materi yang akan diujikan kepada peserta. Lima materi ini antara lain: matematika dengan bobot uji 10%, pendidikan Pancasila dan UUD 1945 dengan bobot 20%, Bahasa Indonesia dengan bobot 10%, materi pemerintahan desa dengan bobot separo, dan sisanya 10 persen adalah bobot uji pengetahuan umum.

Dengan diselenggarakannya CAT oleh 2 universitas ini, Bupati Blora Arief Rohman berharap proses penjaringan perangkat desa di 193 desa tersebut bisa selesai akhir Januari 2022 ini.

"Saya berharap akhir Januari ini bisa selesai," katanya saat memberikan arahan pada acara simbolis penandatangan kontrak kerja sama, sekaligus penandatanganan pakta integritas. ***