Laksanakan kesepakatan, Desa Sidomulyo digarap IAIN Pekalongan

Foto: Gatot Aribowo

Bupati Blora Arief Rohman memakaikan jaket almamater kepada salah seorang mahasiswa, menandai penerjunan mahasiswa ke tengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan kuliah kerja nyata.

Senin, 06 September 2021 16:15 WIB

BLORA (wartaDESA)—Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menerjunkan 13 mahasiswanya yang akan melakukan pendampingan untuk Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo dengan KKN tematik di desa tersebut, mulai hari ini, Senin, 6 September 2021. Tiga belas mahasiswa ini akan melakukan kuliah kerja nyata di desa itu selama 6 minggu, berakhir 21 Oktober. Setelah berakhir, akan disusul angkatan kedua dengan mahasiswa yang berbeda tapi berjumlah sama, yang bakal meneruskan program pendampingan hingga akhir November 2021. 

Zaenal Mustakim, Rektor IAIN Pekalongan mengatakan, pendampingan dengan kuliah kerja nyata tersebut tidak akan berhenti sampai selesainya penyusunan sistem informasi desa secara lengkap.

"Tahun depan masih ada 2 angkatan lagi untuk membuat SID (Sistem Informasi Desa) lengkap, agar bisa memotret semua hal yang ada di Desa Sidomulyo secara optimal," katanya, Senin (6/9/2021). Ia mendampingi mahasiswanya saat pelepasan KKN dilakukan oleh Bupati Blora di balai desa setempat.

Sasaran KKN ini adalah membuat SID yang nantinya akan digunakan untuk pendataan warga yang ada di desa itu. "Data nantinya digunakan untuk menyusun program supaya tepat sasaran dan sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Data di SID juga bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Blora dalam menyusun program-program pembangunan kesejahteraan masyarakat. "Data di SID nanti juga bisa menjadi ranahnya OPD Pemkab Blora untuk sama-sama membangun Sidomulyo," imbuhnya.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa prioritas yang menjadi fokus dalam pengentasan kemiskinan. Dengan didampingi mahasiswa diharapkan mampu menggali potensi-potensi daerah yang disesuaikan dengan data di SID dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya KKN ini, mari kita jadikan momentum awal Desa Sidomulyo untuk lebih baik. Kita awali dari Sidomulyo yang nantinya menjadi percontohan desa-desa lainnya," katanya.

Pewarta : Tim Liputan Prokompim Setda Blora
Editor : Gatot Aribowo