Melihat rincian APBDes Pemdes Turirejo, Kecamatan Jepon tahun 2024

Dibagi untuk 5 bidang dengan 4 sub bidang pelaksanaan pembangunan

Senin, 03 Juni 2024 18:57 WIB
Foto: Gatot Aribowo

Kepala Desa Turirejo dan sekretaris desanya tengah menjalankan tugas-tugas pelayanannya ke masyakat desa.

Pemerintahan Desa Turirejo di Kecamatan Jepon mempublikasi dokumen APBDes-nya melalui saluran berita kami, wartablora.com. Publikasi ini, seperti diregulasikan dalam Bab IV Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2023, diwajibkan oleh pemerintahan desa dalam rangka transparansi dan pengawasan partisipatif masyarakat desa setempat. Selain melalui baliho atau papan informasi desa, publikasi dapat dilakukan melalui media online yang dapat dijangkau oleh masyarakat desa dengan akses dari rumah. Bagaimana rincian APBDes Turirejo, Kecamatan Jepon? Berikut laporannya.
Oleh : Gatot Aribowo

SECARA proporsi, belanja dalam APBDes Desa Turirejo, Kecamatan Jepon terkelompok pada 5 bidang penganggaran. Antara lain: bidang penyelenggaraan desa, bidang pelaksanaan pembangunan desa, bidang pembinaan kemasyarakatan, bidang pemberdayaan masyarakat, dan bidang tanggap darurat bencana. Dari 5 bidang ini, penganggaran dengan porsi terbesar ada di pelaksanaan pembangunan desa yang besarannya lebih dari Rp1,15 miliar. Wajar jika proporsi ini yang paling besar. Inilah kebijakan anggaran yang menyentuk langsung dengan masyarakat.

Di dalamnya ada untuk kebijakan anggaran buat pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, serta penataan pengawasan pemukiman. Secara berurutan proporsi terbanyaknya: pekerjaan umum dan penataan ruang yang besarannya mencapai hampir satu miliar.

"Terdapat angka Rp932 juta lebih untuk pembangunan di pekerjaan umum dan penataan ruang, dengan 2 pekerjaan fisik yang keduanya infrastruktur jalan," jelas Sumarjo, Kepala Desa Turirejo, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora saat ditemui di kantornya pada pertengahan bulan Mei 2024.

Sementara untuk pembiayaan bidang kesehatan, Pemdes Turirejo menganggarkan Rp144,875 juta lebih. Pembagiannya untuk penyelenggaraan pos kesehatan desa atau polindes milik desa, serta penyelenggaraan posyandu. Selain itu dianggarkan pula untuk pembinaan palang merah remaja, pengasuhan bersama atau bina keluarga balita, dan rehab sarana prasarana.

Untuk pembiayaan bidang pendidikan, pemerintahan desa ini menganggarkan Rp64,36 juta lebih yang antara lain digunakan untuk honor PAUD dan madrasah, serta belanja modal sarpras. Sedangkan untuk penataan pemukiman, Desa Turirejo menganggarkan Rp9 juta yang dipecah untuk pemeliharaan sanitasi pemukiman serta jambanisasi untuk keluarga miskin.

Secara total belanja, Pemerintahan Desa Turirejo dalam APBDes-nya mencapai Rp1,732 miliar lebih. Sedangkan asumsi pendapatan ditetapkan sejumlah Rp1,745 miliar lebih. Dari selisih belanja dan pendapatan, pemerintahan desa ini mengalami surplus yang digunakan untuk pos pembiayaan.

Setelah bidang pelaksanaan pembangunan desa yang menerima proporsi terbanyak, bidang berikutnya yang belanjanya besar adalah bidang penyelenggaraan pemerintahan desa. Belanja ini menyentuh angka Rp406,7 juta lebih, dengan rincian untuk penyelenggaraan belanja siltap, tunjangan, dan operasional pemerintah desa sebesar Rp360,3 juta lebih. Sisanya untuk pengelolaan administrasi kependudukan, pencatatan sipil, statistik, dan kearsipan. Juga untuk penyelenggaraan tata praja pemerintahan, perencanaan, keuangan, dan pelaporan; yang di dalamnya ada penyelenggaraan musdes.

Belanja bidang lainnya adalah untuk penanggulangan bencana dan darurat yang dianggarkan Rp72 juta. Lalu bidang pembinaan masyarakat rencana belanjanya Rp71,32 juta. Terakhir bidang pemberdayaan masyarakat yang rencana alokasinya Rp32 juta.