Pelatihan instruktur LKN di Nglarohgunung, Jepon

Hasilkan 5 gagasan pembangunan ekonomi desa

Foto: wartablora.com

Training of trainer, atau pelatihan instruktur yang digelar di SMK Al Ghozali, Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken.

Senin, 07 Maret 2022 17:22 WIB

BLORA (wartaDESA)Training of trainer (ToT), atau pelatihan instruktur yang digelar Lumbung Kreasi Nusantara (LKN) di Desa Nglarohgunung, Kecamatan Jepon menghasilkan 5 gagasan untuk membangun perekonomian desa setempat. Lima gagasan tersebut antara lain pengembangan desa wisata dan ekonomi kreatif, pembuatan bank pakan untuk menyangga potensi peternakan, pembudidayaan perikanan, serta pengembangan bank sampah dan pengembangan air bersih untuk pelestarian lingkungan.

Humas LKN Kusnowi mengatakan, 5 gagasan untuk pembangunan perekonomian desa tersebut dihasilkan oleh peserta yang berasal dari pemuda desa setempat.

"Gagasan-gagasan tersebut lahir dari pemikiran peserta pelatihan yang dilangsungkan dalam waktu tiga hari ini, yang memang sangat kurang untuk kegiatan ToT Program Desa Berdikari," katanya dalam rilis yang dikirim Senin, 7 Maret 2022.

Gagasan bank pakan, misalnya. Muncul dari pemikiran peserta untuk memanfaatkan tanah desa yang belum terkelola dengan baik. Selain itu kebutuhan pakan yang mahal menjadi dasar pengembangan bank pakan yang menjadi pemikiran pemuda desa.

"Tanah desa bisa dimanfaatkan untuk menanam rumput pakchong sebagai penyangga pakan di desa setempat dan berpotensi dijual ke luar desa untuk menambah perekonomian warga. Ada juga limbah janggel jagung yang berlimpah dimanfaatkan sebagai pakan alternatif dengan proses fermentasi yang menghasilkan silase. Produksi ini akan menjadi tabungan atau cadangan pakan saat musim kemarau," jelas Kusnowi.

Pemanfaatan tanah-tanah yang tidak produktif juga melahirkan pemikiran untuk pengembangan ekonomi kreatif desa setempat.

"Jadi ada lahan tanah Gege yang berpuluh tahun kurang ada manfaatnya. Dari sini lahir pemikiran agar tanah tersebut bisa dikelola menjadi sektor ekonomi kreatif sub sektor wisata, kuliner  dan edukasi," terangnya.

Pelatihan instruktur ini digelar selama 3 hari sejak Sabtu, sebagai rangkaian pelaksanaan Program Desa Berdikari yang dikerjakan lembaga-lembaga yang tergabung dalam Lumbung Kreasi Nusantara (LKN). Dalam mengerjakan program di desa tersebut, LKN bekerja sama dengan Bumdes Eka Putra Sejahtera dan Pemerintah Desa Nglarohgunung dalam menyelenggarakan pelatihan tersebut.

"Jadi program Desa Berdikari di Desa Nglarohgunung ini kami wujudkan dalam serangkaian aktivitas kreatif berbasis penelitian, pendampingan, aksi dan juga monitoring serta evaluasi yang dikerjakan secara partisipatif, melibatkan warga Desa Nglarohgunung sebagai subyek utamanya guna mengembangkan desa mereka," imbuh Kusnowi. ***